Selasa, 27 September 2011

Gedung Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila Diresmikan


DEPOK, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Universitas Pancasila (UP) Ir Suyono Sosrodarsono didampingi Rektor Universitas Pancasila (UP), Dr. Edie Toet Hendratno meresmikan pemakaian gedung fakultas Pariwisata di kampus UP Jalan Raya Lenteng Agung-Depok, Selasa (27/9).

Menurut Rektor UP, Edie Toet Hendratmo, Fakultas Pariwisata merupakan fakultas ketujuh yang dimiliki UP. Penambahan fakultas ini, katanya, untuk memenuhi tingginya permintaan masyarakat dan dunia bisnis terhadap lulusan program S1 pariwisata. “Hingga tahun 2009, belum ada perguruan tinggi yang memiliki program S1 pariwisata,” katanya.

Ia mengatakan, gedung Fakultas Pariwisata di bangun dengan sistem build operate transfer (BOT). Pembangunan sepenuhnya dibiayai oleh Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional (LBPP). “UP tidak mengeluarkan anggaran untuk pembangunannya,” katanya.
Dengan sistem BOT tersebut, ujar rektor, gedung Fakultas Pariwisata akan menjadi milik UP setelah 15 tahun digunakan bersama LBPP LIA. “Tidak semua universitas punya lembaga bahasa inggris, jadi ini bisa dikembangkan lagi,” tuturnya.

Kedepan, lanjut rektor, universitas dan yayasan akan terus memikirkan perubahan-perubahan fasilitas baru dengan menyiapkan pembangunan fasilitas gedung lainnya.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Pengurus Yayasan Universitas Pancasila, Ir Siswono Yudo Husodo mengatakan, yayasan universitas Pancasila hingga saat ini terus melakukan perbaikan dan menambah berbagai fasilitas untuk menghadapi persaingan antar sesama perguruan tinggi. Penambahan fakultas Pariwisata ini, kata Siswono, karena melihat banyaknya potensi pariwisata di Indonesia yang perlu dikembangkan. “Potensi peningkatan kesehjateraan rakyat lebih besar ada di pariwisata, jadi perlu pengembangan yang lebih baik,”ungkap Siswono.

Menurutnya, Indonesia adalah negara terindah di dunia dengan potensi pariwisata terbanyak seperti wisata pantai, candi-candi tua, wisata bawah laut, dan lainya. Untuk itu, lanjutnya, fakultas pariwisata UP yang sudah dimulai sejak dua tahun lalu telah memfokuskan pada bidang pengembangan resort turis. “Kita ingin mengembangka resort turis, begitu banyak pariwisata yang belum dikembangkan,” katanya.

0 komentar: