Kamis, 04 Agustus 2011

Pemkot Depok Berencana Bangun Gedung 10 Lantai



DEPOK, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana membangun gedung perkantoran setinggi 10 lantai yang diperuntukan bagi kantor dinas yang masih berstatus ngontrak. ”Kita berencana membangun gedung perkantoran setinggi 10 lantai. Hal itu dilakukan karena masih ada kantor dinas yang ngontrak di luar lingkungan pemerintahan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Etty Suryahati, di Depok, Kamis (4/8).

Menurutnya, pemerintah telah menyiapkan lahan seluas kurang lebih satu hektar di samping Masjid Al Kamal, Balaikota. Rencana pembangunan gedung perkantoran 10 lantai tersebut telah diprogramkan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang akan disyahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Depok. ”Mudah-mudahan tahun depan RPJMD sudah disahkan. Rencana pembangunan ini merupakan wujud keseriusan Pemkot Depok memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” klaim Etty.

Nantinya, lanjut Etty, gedung perkantoran tersebut diperuntukkan beberapa kantor dinas yang selama ini masih mengontrak di luar. Seperti: Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pemuda dan Olahraga seni dan budaya (Disporasenibud), dan Dinas Pasar Koperasi dan UKM. ”Gedung di bangun untuk di tempati dinas yang masih mengontrak. Sudah 12 tahun umur Kota Depok, tapi masih ada kantor Dinas yang mengontrak. Sepertinya masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan,” ujar Etty.

Mantan Kadisdik Kota Depok itu menuturkan bahwa seluruh arsip kedinasan harus mendapat perawatan dengan baik. Untuk itu, katanya, diperlukan kantor dinas yang memadai agar dapat merawat arsip tersebut. “Atas persetujuan DPRD recana pembangunan gedung bisa terlaksana. Mudah-mudahan rencana tersebut dapat terwujud,” kata Etty.
Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail sebelumnya telah menyampaikan bahwa tahun 2011 adalah tahun akhir dari RPJMD, dan dirinya bertekad untuk memenuhi RPJMD yang belum terselesaikan. “Kita selesaikan terlebih dahulu RPJMD yang belum selesai. Sekarang masih dalam proses penyelesaiaan,” katanya.

Menurut dia, di tahun 2011 juga ada beberapa program strategis untuk meningkatkan pelayanan publik, satu diantaranya adalah pembangunan kantor kecamatan baru. Selain itu, kata dia, pemkot juga memiliki program mengurai kemacetan dan pengelolaan PDAM secara mandiri serta membangun SMA Negeri disetiap kecamatan. “Semua program yang kami gulirkan bertujuan untuk menciptakan kualitas pelayanan yang optimal dan agar warga bisa merasakan manfaatnya dengan nyata,” ujar Nur Mahmudi.

0 komentar: