Rabu, 03 Agustus 2011

Lima Mahasiswa Pasca Sarjana UI Raih Beasiswa dari BMW


DEPOK, Presiden Direktur BMW Indonesia, Ramesh Divyanathan mengatakan, BMW Indonesia Research and Technology Scholarship memberikan beasiswa kepada lima mahasiswa pascasarjana Universitas Indonesia (UI) berprestasi. Total beasiswa mencapai Rp350 juta. “Kami memberikan beasiswa kepada lima mahasiswa UI yang secara akademik berprestasi,” katanya usai penandatanganan nota kesepakatan bersama, di kampus UI Depok, Rabu (3/8).

Menurut Ramesh, kelima mahasiswa yang meraih beasiswa merupakan hasil seleksi dari pelbagai fakultas di UI yakni: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) program studi fisika, Fakultas Ekonomi program studi Ilmu Ekonomi, Fakultas Teknik program studi Tehnik Mesin, dan Fakultas Hukum program studi Ilmu Hukum. “Beasiswa yang diberikan mencakup biaya kuliah serta buku dan dana riset selama empat semester,” katanya.

Dia mengatakan, pemberian beasiswa bertujuan untuk mendukung pengembangan generasi muda yang inovatif. Merupakan calon pemimpin bangsa dimasa mendatang.Ia lebih jauh menuturkan, BMW merupakan satu-satunya perusahaan otomotif di Indonesia yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa pascasarjana. Pemberian beasiswa tersebut dilakukan untuk mendukung para pemimpin muda yang inovatif yang tak hanya berprestasi di skala nasionala tetapi juga internasional. “Mahasiswa juga diharapkan memiliki rasa percaya diri serta keahlian yang diperlukan untuk menghadapi tantangan global,” harap Ramesh.

Program beasiswa BMW Indonesia Research and Technology Scholarship diprakarsai dalam rangka memeperingati HUT RI ke-66 dan satu dekade berdirinya BMW Group di Indonesia. Selain memberikan dukungan finansial, BMW Indonesia juga memebrikan kesempatan bagi para mahasiswa pascasarjana untuk terlibat dalam berbagai program, seperti: internsif, mentoring, networking, dan workshop.

Sementara itu, Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri menilai program beasiswa adalah solusi bagi masalah pendidikan tinggi, terutama bagi mahasiswa untuk menyekesaikan studi tanpa harus menghadapi kendala biaya. Ia menambahkan, pendidikan di Indonesia akan semakin maju dengan adanya kerjasama antara universitas, industri, dan masyarakat.

Lebih lanjut Gumilar mengatakan, UI menyediakan sejumlah beasiswa yang dapat digunakan oleh para mahasiswa. Saat ini UI memiliki lebih dari 70 beasiswa
darai pelbagai perusahaan nasional dan multinasional. Yayasan, institusi pemerintah, dan asing.

0 komentar: