Rabu, 27 Juli 2011

Pembangunan RSUI Dimulai Akhir 2011


DEPOK, Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia (UI), Vishnu Juwono mengatakan pembangunan rumah sakit riset berkelas internasional di UI akan dimulai akhir 2011. “Proses tendernya sudah dimulai, bila tidak ada halangan akhir 2011 sudah dimulai,” terangnya, di kampus UI, Rabu (27/7).

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) yang berskala internasional tersebut rencananya akan di bangun di dekat Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Persiapan pembangunan terus dilakukan dan sudah mencapai sekitar 80 persen. Saat ini, kata Vishnu, UI masih menentukan pemilihan desain. “RS ini akan menjadi sebuah rumah sakit yang berkelas internasional,” ujarnya.
Vishnu menuturkan, rumah sakit berstandar internasional tersebut tidak hanya dijadikan tempat pendidikan dan riset untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang kedokteran, tapi juga sebagai pelayanan bagi orang sakit. “RS tersebut nantinya juga akan dikembangkan sistem komputerisasi, dengan mengembangkan sistem manajemen modern,” ujarnya.
Sebelumnya, Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan UI, Devie Rachmawati menerangkan, setelah rumah sakit tersebut selesai dibangun, Fakultas Kedokteran UI yang berada di Salemba, Jakarta Pusat, akan segera dipindahkan ke Depok. Namun untuk program spesialisasi akan tetap di Salemba.
Devie menambahkan, rumah sakit tersebut, juga akan menjadi pusat layanan bagi warga Depok yang membutuhkan pengobatan, sehingga nantinya juga akan meringankan warga Depok dalam memperoleh pelayanan kesehatan. “Warga Depok tidak perlu jauh-jauh berobat ke rumah sakit elite di Depok, cukup datang ke RSUI juga sudah memenuhi standar internasional,” katanya.
Dia berharap pembangunan berjalan sesuai rencana sehingga dapat selesai pada waktunya. Mengenai pendanaan, terang Devie, rumah sakit tersebut akan didanai lembaga dari Jepang. “Pendanaan pembangunan rumah sakit rencananya dari lembaga dari Jepang. Kita pastikan akan di bangun tahun ini,” katanya.

0 komentar: