Selasa, 03 Mei 2011

Jangan Klaim Menang Secara Aklamasi


DEPOK, Wakil Ketua Steering Committee (SC) Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Depok, Urip Santoso menegaskan tidak ada satu pun pihak tim sukses calon ketua atau pun calon ketua itu sendiri yang bisa mengklaim akan menanang secara aklamasi dalam Musda, 7 Mei 2011 di Hotel Bumiwiyata. “Yang bisa memutuskan itu semua hanya Dewan Pimpinan Pusat PAN. Saya saja sebagai SC tidak bisa mengklaim hal itu,” katanya, Selasa (3/5).

Urip mengingatkan, secara administratif dua pasangan dinyatakan lolos, yakni: Hasbullah Rahmat dan Kaharudin Bado (Aco). Dua nama ini, kata dia, sudah dikirim ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Barat (Jabar). “Tunggu saja hasilnya,” kata dia.

Urip tidak sepakat kalau Aco dinyatakan tidak lolos persyaratan secara administratif. Lantaran, kata dia, tidak lolos peraturan organisasi (PO) pasal 27. Namun, Urip mengingatkan, kemungkinan besar saingan Aco lupa kalau dalam Po terdapat pasal peralihan. Dimana DPP PAN memiliki kewenangan khusus mengenai calon ketua DPD PAN. “Kalau DPP menganggap Aco memiliki kualitas dan kemampuan untuk memimpin PAN maka keputusan tersebut tidak dapat dibantah. Maka dua calon tersebut dapat bersaing di Musda,” katanya.

Urip meyakini DPP PAN dapat melihat potensi yang dimiliki Aco sebagai calon ketua DPD PAN. Sosok Aco tidak hanya memiliki kualitas intelektual, melainkan memiliki kemampuan membesarkan partai. “DPP akan memilih orang yang secara intelektual mupuni, keuangan mapan, memiliki kemauan membesarkan partai, serta memiliki kemampuan loby. Semua itu ada pada sosok Aco,” ujarnya.

Ia menyarankan semua pihak untuk menyerahkan seluruh keputusan kepada DPP PAN. Tidak ada spekulasi terhadap permasalahan ini. “Saya saja tidak tahu keputusan apa yang akan dikeluarkan DPP PAN. Makanya saya sarankan semua pihak untuk menunggu. Jangan pernah mengira-ngira hal-hal yang sama sekali kita tidak ketahui,” kata Urip.

Secara terpisah, Ketua Sistem Manajemen Partai Politik (Simpatik) yang tidak diakui DPD PAN, TB Toto Sugiarto berencana mendatangi kantor DPP PAN untuk menyampaikan aspirasi kader dan simpatisan Kota Depok. “Kita akan ke DPP PAN untuk menyampaikan aspirasi kader dan simpatisan. Mereka meminta dilakukan penyaringan ulang,” katanya.

Toto melihat penyaringan calon ketua tidak dilakukan secara profesional. Dimana kata dia, para calon pemilik uang saja yang diperkenankan mengikuti pencalonan. Sedangkan kader lain yang lebih mumpuni dari Ketua DPD sekarang tidak dapat ikut dalam pertandingan lantaran tidak memiliki uang. “Banyak kader dan simpatisan yang memiliki kemampuan tapi tidak memiliki uang. Mereka tidak dapat mengikuti pertandingan ini,” tegasnya.

0 komentar: