Jumat, 29 April 2011

Pemkot Depok Bahas Masalah Buruh


DEPOK, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok, Abdul Haris mengatakan, guna menghadapi hari buruh internasional yang jatuh pada 1 Mei, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengundang para pengusaha asal Depok dan Kapolresta Depok untuk membahas permasalahan buruh dan mencari solusinya. Menurutnya, pertamuan tersebut merupakan pertemuan rutin yang diadakan Lembaga Kerjasama (LKS) Tripartit. “LKS Tripartit sendiri merupakan forum komunikasi dan musyawarah antara unsur pemilik kepentingan. LSK Tripartit mempunyai kedudukan strategis untuk membahas dan mengantisipasi ketenagakerjaan serta solusi pemecahannya,” katanya, Jumat (29/4).

Haris berkata, rapat diselenggarakan juga dalam rangka memberikan motovasi dan pemberdayaan agar tercipta hubungan industrial yang harmonis. Disamping, kata dia, untuk persiapan menghadapi LKS Tripartit Award. “Tripartit award akan dilaksanakan LKS Tripartit Provinsi Jawa Barat,” katanya.

Namun, terang Haris, fokus utama pertemuan tersebut adalah melakukan pembahasan isu strategis ketenagakerjaan serta pentingnya kamtibmas dalam kegiatan buruh atau pekerja serta dalam menghadapi hari buruh internasional. “Kita juga membahas isu strategis,” ujarnya.

Wali Kota Nur Mahmudi Ismail yang juga menjabat sebagai Ketua LKS Tripartit Kota Depok menegaskan, pembahasan isu strategis ketenagakerjaan perlu dilakukan untuk mengevalusi apa yang telah dilakukan sehingga bisa sejalan dengan isu nasional. Dan dapat memperbaikinya jika ada kekekurangan sehingga award bisa diraih. “Sebenarnya award itu tidak sulit untuk diraih, bila kita mengetahui apa saja yang menjadi indikator penilaian. Setelah kita mengetahui, kita bisa menyelaraskan program kita dengan indikator penilaian tersebut dan dijalankan dengan optimal,” ujarnya.

Nur Mahmudi mengatakan, untuk dapat meraih award diperlukan semangat dan nuansa saling memahami serta harus selalu menjaga kebersamaan antara pemerintah, pengusaha, dan pekerja. Agar dapat bahu membahu bersinergi didalam mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi. “Dengan kebersamaan award dapat diraih dengan mudah,” kata dia.

0 komentar: