Kamis, 03 Maret 2011

UI dan Panin Bank Wujudkan Program Satu Miliar Pohon


DEPOK, Universitas Indonesia (UI) mendukung program pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan penyelamatan bumi dengan melakukan penanaman satu miliar pohon. Dalam mewujudkan program tersebut, UI bekerjasama dengan Panin Bank Program yang mengambil tema ‘Reforest Indonesia’ tersebut dibuka langsung oleh Rektor UI Gumilar R Somantri, Presiden Direktur Panin Bank Ken Ng, serta Wakil Presiden Direktur Panin Bank Roosniati Salihan.

Penanaman pohon dilakukan di belakang gedung rektorat UI. Hal itu sesuai kesepakatan yang tercantum yakni pemberian bibit dan dukungan finansial yang diberikan oleh Panin Bank. Selain itu, UI juga berkomitmen untuk menyemain menyediakan lahan, dan penanaman pohon trembesi di sekitar lahan kampus.

Rektor UI Gumilar R Somantri mengatakan kerjasama pelestarian hidup didasari oleh tugas membangun dan melestarikan lingkungan berada di pundak perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan ilmu dan kerjasama. Selain itu, kata Gumilar, industri memegang peranan penting sebagai motor yang mampu membangun sustainable future. “Dalam tiga tahun terakhir sudah menanam lebih dari 80 ribu pohon dan kerjasama tak hanya dilakukan saat ini dengan Panin, tetapi UI juga sudah bekerjasama dengan Astra, Kementrian Kehutanan, dan juga LSM, serta Pempov DKI Jakarta berupa pemagaran hutan kota UI,” katanya.

Gumilar menanggapi kritik dari sejumlah pihak yang lebih senang menggunakan pohon trembesi untuk gerakan tanam pohon, bukanlah pohon lokal. Sebab, menurutnya, pohon tersebut berharga mahal dan dapat berfungsi untuk mebeler jika sudah berumur diatas 50 tahun. “Gerakan penanaman pohon bukan gerakan latah atau ikut – ikutan, tetapi sudah tanggung jawab kita semua,” tukasnya.

Di tempat sama Wakil Presiden Direktur Panin Bank Roosniati Salihan mengatakan kerjasama tersebut merupakan komitmen bersama agar menjadikan dunia tampak lebih hijau. Hal itu karena semakin tingginya dampak emisi karbon yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. “Melalui program CSR kami, ini adalah kerjasama yang kesekian kali dengan universitas sejak tahun 2006, salah satunya kami pernah lakukan di Makasar, tak hanya lingkungan, Panin juga peduli dengan dunia pendidikan,” kata dia.

0 komentar: