Minggu, 20 Februari 2011

Fatayat Gelar Festival Berzanji


Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Depok menggelar festival Barzanji. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Diikuti 32 Majelis Taklim se-Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi. “Kita berharap dengan digelarnya festival ini, semangat dan kecintaan kepada Nabi Muhammad bangkit kembali. Terlebih lagi, pembacaan barzanji sudah lazim dibaca. Ini merupakan tradisi dari NU. Kita berharap bukan hanya ritual saja, namun dapat memahami dan meneladani ajaran dan sunnah nabi,” terang Ketua PC Fatayat NU Kota Depok Hj Yuminah, Minggu (20/2).

Yuminah mengatakan, berzanji merupakan syair tentang riwayat dan sejarah Nabi Muhammad. Biasanya dibacakan saat menyambut peringatan Maulid Nabi Muhammad. Ia menambahkan, para peseta sangat antusias mengikuti perlombaan ini. Penyelenggaraan kegiatan ini sebagai bagian dari upaya membumikan barzanji dan membangkitkan cinta kepada rasul. “Jangan sampai masyarakat hanya kenal tentang syairnya saja. Tapi, lebih pada mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya,” kata dia.

Ia menambahkan, dengan melihat antusias masyarakat yang cukup tinggi, pihaknya akan menjadikan kegiatan ini menjadikan agenda rutin. “Hadiahnya memang tidak seberapa, tapi semangat yang coba kita timbulkan. Kita juga memberikan hadiahnya dengan bentuk tabanas. Jadi separuh hadiah dalam bentuk uang dan tabungan. Jadi, kita mengajarkan pada MT tidak konsumtif,” kata dia.

Ketua panitia Festival Barzanji Hj Nurmilatussa mengatakan, peserta cukup apresiatif terhadap kegiatan ini. Pihaknya mensyaratkan setiap peserta terdiri dari 10 orang dan dibebaskan untuk pembacaan Barzanji, Rawi, Syarful Anam. Total hadiah, terang dia, Rp 4 juta plus tropy, souvenir, dan sertifikat. Dalam pelaksanan lomba, lanjutnya, setiap grup diberikan waktu paling lama 15 menit. Ia menambahkan, penilaian terdiri dari: makhorijul huruf, variasi lagu, kekompakan. “Kalau bisa ini kita jadikan kegiatan rutin,” kata dia.

Ketua PC NU Kota Depok KH Burhanuddi Marzuki mengaku sangat apresiatif dengan kegiatan tersebut. Pasalnya, tradisi NU sudah membumi di masyarakat, dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Secara khusus, dirinya meminta agar kegiatan tersebut dapat dilakukan secara berkesinambungan. “Nilai-nilai ajaran rasulullah harus tetap dilestarikan di tengah arus globalisasi,” tuturnya.

Hal senada diutarakan Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad. Ia mengatakan, kegiatan ini mengajak dan meneladani sirah nabawiyah dalam kehidupan sehari-hari. Dirinya menjelaskan, bacaan Barzanji atau syair tentang riwayat Nabi Muhammad adalah nama tempat di Irak. Dengan pembacaan barzanji, diharapkan dapat membangkitkan semangat umat Islam.

0 komentar: