Kamis, 17 Februari 2011

Dinas KUMK Lakukan Pelebaran Jalan


DEPOK, Dinas Pasar Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUMK) Kota Depok tahun ini berencana membangun pelebaran lingkungan di Pasar Cisalak. Dengan panjang 250 meter, lebar tiga meter. Anggaran pembangunan bersumber dari dana APBD senilai Rp 1,1 miliar. “Jalan yang ada sekarang baru selebar tiga meter, dengan adanya penambahan lebar tiga meter maka lebar jalan masuk ke dalam pasar menjadi enam meter,” kata Kepala Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Dinas Pasar KUKM Kota Depok Anggiat Pakpahan, Kamis (17/2).

Pasar tradisional yang berlokasi di Kecamatan Cimanggis, Kota Depok merupakan pasar terbesar di Kota Depok dengan luas 6.000 meter persegi. Dikatakan, dengan adanya pelebaran jalan ini, maka angkutan barang bagi pedagang akan bisa masuk hingga ke dalam pasar. Menurut Anggiat, Pasar Cisalak saat ini kondisinya sangat kumuh. Hal itu, karena banyak pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sepanjang jalan masuk. “Diharapkan dengan adanya proyek pelabaran jalan, maka para PKL tidak diperbolehkan lagi berjualan di pinggir jalan,” kata dia.

Dikatakan, untuk rehab bangunan Pasar Cisalak menjadikan pasar semi modern akan dilakukan pada tahun anggaran 2012. Hal itu, kata dia, kondisi bangunan pasar sekarang sudah sangat memprihatinkan, maka perlu segera dilakukan rehablitasi. Selain itu, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kota Depok, Dinas Pasar KUKM juga merencanakan pembangunan pasar baru di Kecamatan Tapos dan Bojongsari. Kedua kecamatan pemekaran itu, hingga saat ini belum memiliki pusat pasar tradisional. “Saat ini sudah dilakukan studi kelayakan, namun lokasi pembangunan pasar belum ditentukan,” kata dia.

0 komentar: