Minggu, 27 Februari 2011

Belimbing dan Jambu Merah Terus Dikembangkan


DEPOK, Belimbing Dewa yang dijadikan ikon Kota Depok oleh Wali Kota Nur Mahmudi Ismail terus diupayakan menjadi produk lokal olahan yang berkualitas tinggi. Hal tersebut dilakukan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat. Demikian pernyataan Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kota Depok, Hj Dewi Syarifah, Minggu (27/2).

Dewi mengaku, selama ini banyak anggota Muslimat NU yang sudah mengembangkan usaha rumahan yang mengelola belimbing maupun jambu merah. Ia mencontohkan, dari buah belimbing dewa bisa diolah menjadi saos, dodol, wajid, manisan, dan jus. Pihaknya juga terus mengembangkan hasil olahan produk lokal lainnya. Selain itu, kata Dewi, yang perlu dikembangkan adalah ketrampilan kaum ibu Muslimat. “Saat ini, kita berupaya konsen pada pemberdayaan perempuan pada bidang ekonomi. Anggota Muslimat yang tersebar di 11 Kecamatan, ternyata telah menjalankan ketrampilan maupun usaha pengolahan belimbing maupun jambu merah. Kita tinggal membina dan mengembangkan saja,” katanya.

Istri mantan Wakil Wali Kota Depok, Yuyun Wirasaputra itu menuturkan, pihaknya juga melakukan pembinaan secara khusus bagi anggota, dan membantu pemasaran produk yang mereka hasilkan.

Untuk mempermudah para anggota menjual produk olahan mereka, kata Dewi, Muslimat NU memberdayakan Koperasi Annisa sebagai tempat untuk memasarkan. “Dari hasil produk olahan dan kerajinan mereka itu, kita bisa memasarkannya lewat koperasi. Bisa saja, kita berikan tempat khusus untuk memajang hasil produk-produk olahan atau hasil ketrampilan,” katanya.

Pernytaan serupa juga diutarakan, Ketua Panitia Raker Muslimat Kota Depok, R Zulfatullaila. Ia mengatakan, kebanyakan anggota Muslimat NU adalah pelaku bisnis tersebut. Ia mencontohkan, anggota PAC Muslimat Pancoran Mas merupakan penghasil olahan belimbing menjadi saos.

Dirinya menambahkan, Muslimat NU Depok turut serta memberikan andil dalam pengembangan produk lokal kota Depok. “Muslimat sampai saat ini, terus berupaya dalam mengembangkan produk lokal dan unggulan kota Depok,” tegas Wakil Ketua Muslimat NU Depok ini.

Zulfah menuturkan melalui koperasi annisa banyak hal yang bisa dilakukan dalam mengembangkan perekonomian kaum ibu. Sementara itu, ketua Koperasi An-Nisa Nursi Arsirawati mengaku produk olahan dari belimbing dan jambu merah memiliki prospek cerah di masa depan. Terbukti, produk unggulan ini diminati diberbagai tempat saat melakukan pameran. Untuk itu, dirinya akan berusaha keras dalam mengembangkan koperasi tersebut. “Produk lokal Depok layak dikembangkan. Melalui koperasi An-Nisa ini kita kembangkan lebih luas lagi agar di kenal sampai luar negeri,” katanya.

0 komentar: