Senin, 20 Desember 2010

Sebanyak 1.014 Personil Polisi Amankan Natal


DEPOK, Polresta Depok mengerahkan sebanyak 1.014 personil untuk amankan Hari Raya Natal 2010 dan Tahun Baru 2011. Pengamanan dilakukan di 144 titik se-Depok. Diantaranya 125 pusat perbelanjaan, 18 tempat rekreasi, 8 pos pengamanan, 89 gereja, 17 hotel, dan 10 rumah yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan ibadah. Diantaranya, di Kecamatan Beji (1), Sukmajaya (3), Limo dan Cinere (2) dan Cimanggis (2). “Kita mengerahkan 1.014 personil untuk amankan Natal dan Tahun Baru. Kita berharap tidak ada masalah dalam pelaksanaan Natal dan Tahun Baru,” kata Kabag Ops Polresta Depok, Kompol Suratno, Senin (20/12).

Dalam menjalankan pengamanan, setiap personil kepolisian dilengkapi pula dengan senjata laras pendek. “Mereka yang tergabung dalam Operasi Lilin 2010 adalah gabungan polres dan lima polsek se-Depok,” kata dia.

Menurut Suratno, pihaknya juga bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Dinas Perhubungan Kota Depok, dan Dinas Kesehatan Kota Depok. Penyebaran petugas disesuaikan dengan tingkat ancaman dan kerawanan setiap lokasi. “Untuk gereja di pinggir jalan pastinya dikerahkan personil yang lebih banyak,” kata dia.

Suratno menegaskan, selama kebaktian berlangsung pada malam Natal , tidak akan ada penutupan jalan. Artinya, masyarakat masih dapat melalui jalan yang kerap dijadikan jalur alternatif. Misalnya saja, seperti Gereja GPIB Immanuel di Jalan Pemuda, Kecamatan Pancoranmas. “Jalan tersebut memang dijadikan jalur alternatif. Tapi tidak akan penutupan jalan,” kata dia.

Dia menambahkan, saat ini sudah melakukan penyisiran di sejumlah lokasi yang dinilai rawan. Termasuk pengamanan di sejumlah tempat perbelanjaan. “Kami sudah ploting petugas di pusat perbelanjaan. Petugas juga berkordinasi dengan pengelola pusat perbelanjaan dengan menyebar petugas, termasuk menyebar petugas berseragam bebas,” ujar Suratno.

Sebelumnya, Kapolresta Depok Kombes Pol Fery Abraham mengimbau kepada pihak gereja agar melengkapi metal detector. “Ini sebagai langkah pengamanan saja,” kata dia.

0 komentar: