Selasa, 28 Desember 2010

Petani Belimbing Dewa di Kota Depok Terancam Gagal Panen


DEPOK, Ketua Kelompok Tani Andalan Kota Depok, Rimin mengatakan, petani belimbing di Kota Depok terancam gagal panen. Pasalnya, kebun belimbing milik para petani kini tengah diserang hama serangga berwarna putih. Hama ini selalu memakan putik bunga pohon belimbing sehingga mengganggu pertumbuhan buah belimbing. “Hama ini selalu memakan putik bunga pohon belimbing sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu pertumbuhan buah belimbing menjadi kurang maksimal. Padahal buah belimbing merupakan produk buah unggulan sekaligus sebagai Ikonnya Kota Depok,” katanya, Selasa (28/12).

Rimin mengatakan, hama serangga ini sudah menyebar ke kebun-kebun milik petani di 11 kecamatan. Setiap satu buah pohon, kata dia, pasti selalu dihinggapi hama itu. Menurut dia, hama baru itu selalu muncul pada malam hari dan berbahaya bagi pertumbuhan buah belimbing. Namun, ujar Rimin, hama itu sesungguhnya dapat diatasi dengan cara membuat perangkap, dan selalu menjaga kebersihan di sekitar tanaman belimbing. “Serangga ini munculnya pada malam hari. Kalau mucul sudah pasti memakan putik belimbing. Tapi kalau sekitar lahannya bersih, hama itu tidak akan datang,” kata dia.

Ia melanjutkan, sesungguhnya keberadaan hama serangga tersebut hanya mengancam pohon milik para petani yang malas. Artinya, malas dalam menjaga kebersihan dan menjaga sanitasi tanaman belimbing. “Selama sanitasinya bersih hama serangga tersebut tidak akan muncul,” kata Rinin.

Rimin mengakui kalau disetiap kelompok tadi belimbing di Kota Depok terdapat beberapa petani belimbing yang malas dalam menjaga kebersihan dan sanitasi. Maksudnya, kata dia, yang dimaksud dengan kebersihan adalah banyaknya rumput liar di sekitar tanaman belimbing. Makanya, kata Rimin, selama lingkungan kebun belimbing terawat dan bersih, serangga itu tidak akan muncul. “Petani yang terkena serangan hama serangga itu, berarti petani yang dalam pemeliharaannya tidak mengikuti SOP,” kata dia.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Depok, Widyati Ryandani mengaku sampai saat ini pihaknya belum mengetahui adanya jenis serangga baru yang menyerang tanaman belimbing para petani. Selama ini, kata Widya, hama yang sering mengganggu para petani belimbing adalah lalat pemakan daun. Penyebarannya pun, kata dia, sudah bisa diatasi. “Masalah hama baru ini belum kita ketahui. Kami belum mendapatkan laporan dari para petani,” kata dia.

0 komentar: