Rabu, 29 Desember 2010

Pembunuh Jawara Ditangkap


DEPOK, Kepala Polresta Depok, Kombes Pol Ferry Abraham mengatakan, pihaknya berhasil menangkap pelaku pembunuh seorang jawara bernama Yusuf Lessi (34), warga Jalan Tenggiri Blok AA/6 RT002/RW013, Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos. “Kita berhasil membekuk tiga orang pelaku pembunuh Yusuf. Semoga kita dapat segera diteruskan ke kejaksaan,” katanya, Rabu (29/12).

Ferry mengatakan, korban diduga dibunuh karena persoalan hutang piutang. Sehabis menghabisi nyawa korban, kata dia, tiga orang pelaku yakni MP, BA, dan HN langsung melarikan diri. “Ketiganya kita tangkap di Pondok Gede, Jakarta Timur setelah menjadi buron selama dua bulan lamanya,” kata dia.

Yusuf menghembuskan nafas terakhirnya setelah dianiaya ketiga pelaku. Dari mulai dipukuli dengan balok, diseret, diikat, hingga akhirnya meninggal. Sehari-hari Yusuf dikenal sebagai jawara atau centeng di kampungnya dan biasa meminjamkan uang kepada warga.
Peristiwa tragis itu sendiri, terjadi pada bulan Oktober. Waktu itu, Yusuf mendatangi rumah salah seorang warga yang memiliki hutang kepada dirinya, bernama Taufik. Karena kesal, Taufik tak kunjung menepati janji membayar hutang-piutannya, Yusuf pun langsung memaki-maki Taufik. Kebetulan pada saat itu, Taufik sedang berbincang-bincang dengan ketiga pelaku.

Tidak terima kerabatnya diperlakukan seperti itu, ketiga pelaku langsung menghajar Yusuf. Perkelahian tiga lawan satupun tidak terbendung. Yusuf menjadi bulan-bulanan para tersangka. Tidak puas dengan pukulan tangan kosong. Salah seorang tersangka yakni BA mengambil balok, dan langsung mengahajarkan balok tersebut ke kepala Yusuf. Setelah menghabisi nyawa Yusuf, ketiga tersangka langsung melarikan diri ke Sukabumi hingga akhirnya ditangkap di Jakarta Timur.

Kasat Reskrim Polres Depok Kompol Ade Rahmat Idnal mengatakan, ketiga pelaku dikenai pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara. Ade menambahkan motif pembunuhan adalah karena masalah pribadi. “Ini murni masalah pribadi. Pelaku kita ringkus di Kampung Melayu dan Pondok Gede,” kata dia.

Hingga kini, ketiga pelaku sudah ditahan di tahanan Polres Depok. Sementara Taufik, masih dalam penyelidikan intensif polisi terkait keterlibatannya dalam pembunuhan tersebut.

0 komentar: