Minggu, 28 November 2010

Pencuri Gondol ATM BCA, Uang Rp325 juta Amblas


DEPOK, Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Central Asia (BCA) yang berada di minimarket Indomart, Kampung Kebon Duren, RT003/05, No 57, Jalan Raya Kali Mulya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, pada Sabtu (27/11) digondol komplotan pencuri. Uang Rp325 juta pun lenyap.

Pencuri masuk kedalam mini market tersebut dengan cara merusak rolling door, menggunakan dua buah linggis. Setelah berhasil merusak rolling door, komplotan pencuri kemudian merusak pintu masuk. Agar aksinya tidak diketahui, mereka pun memadamkan lampur agar tidak tertangkap kamera CCTV.

Untuk membawa mesin ATM, komplotan pencuri merusak lantai keramik dan menggali tanahnya untuk membuka baut penahan ATM tersebut. Pencuri membawa mesin ATM tersebut menggunakan mobil avanza hitam.“Kita baru tahu tadi pagi, sekitar pukul 07.00 WIB. Yang tahu pertama kali Bu Nur. Dia kaget pas lihat rolling door rusak. Terus telepon polisi. Memang di sini tidak ada yang jaga,” kata tukang parkir Indomart, Surya (55).

Surya menduga pencuri telah mengamati lokasi sebelum beraksi. Sebab Kamis (26/11) malam sekitar pukul 20.00 WIB, petugas dari Bank BCA datang dengan mobil untuk mengisi uang di ATM tersebut. Pada pukul 22.00 WIB, Indomart tutup. ”Saya jadi tukang parkir sejak enam bulan yang lalu. ATM BCA sudah ada. Di Kalimmulya ini ATM BCA hanya satu, jadi uang di ATM itu cepat habis. Karena itu seminggu tiga kali diisi,” kata dia.

Mimi (20), pedagang rokok, tak jauh dari Indomart menjelaskan, pada Sabtu dini hari, suaminya Ali melihat mobil avanza hitam parkir di depan warungnya. Mereka parkir sejak pukul 03.00 WIB. Penumpangnya dua orang. Mereka menggunakan seragam satpam. “Karena pakai seragam satpam, suami saya tidak curiga. Orangnya tinggi kurus. Satu pakai topi dan tiduran dengan meluruskan jok mobil,” kata dia.

Mimi mengatakan, mobil avanza bernomor polisi B itu kemudian menuju arah Pondok Rajeg dan kemudian berputar kembali ke Indomart tersebut. Namun nopol mobil itu sudah diganti dengan nopol F.

Kasat Reskrim Polresta Depok, Kompol Ade Rahmat Idnal menduga pelaku pencurian ATM itu adalah spesialis pencuri ATM. ”Kami sudah mintai keterangan dari beberapa saksi. Kami masih melakukan pengembangkan,” kata dia.

Ade hanya menghimbau kepada pemilik mini market untuk menempatkan satpam pada malam hari. Selain itu juga meminta kepada pengelola ATM bila melihat kejadian mencurigakan untuk segera menelepon ke polisi terdekat.

0 komentar: