Rabu, 24 November 2010

Gunadarma Perkenalkan System Absen Melalui Handphone


DEPOK, Universitas Gunadarma Depok membuat terobosan baru dalam mempermudah mahasiswa mendapatkan pelayanan akademik secara online. Yakni dengan menghadirkan layanan mobile academic UG 1 click. Melalui layanan UG, mahasiswa dapat mengakses informasi seperti: info akademik, pendaftaran khursus/seminar, info ujian UTS maupun UAS, portfolio mahasiswa, aktivasi studentsite, dan absensi mahasiswa serta dosen. “Layanan ini merupakan layanan nilai tambah pertama di Indonesia. Yang pasti dapat mempermudah mahasiswa. Mereka dapat melakukan absen melalui telepon genggam dan banyak lagi,” kata Rektor Universitas Gunadarma, Prof Dr E S Margianti SE MM, Rabu (24/11).

Layanan mobile academic merupakan hasil kerjasama antara Universitas Gunadarma dan PT Mobile-8 Telecom Tbk. Dengan adanya layanan UG 1 click maka semakin menambah kelengkapan layanan informasi dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang telah diterapkan Gunadarma sebelumnya. “Para mahasiswa tidak perlu repot-repot ke warung internet hanya untuk melihat nilai UTS atau UAS,” kata Margianti.

Margianti mengatakan, sebelum UG 1 click lahir, kampus ini sudah menelorkan banyak program berbasis tehnologi informasi seperti: UG Student, Digital Locer, UG Student Digital Portfolio, UG Virtual Class, UG Student Journalism, UG Internet Lounge, dan UG Integreted Lab. “Fasilitas baru semakin memantapkan posisi UG sebagai PTS terdepan di Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan, ponsel layanan UG 1 Click yang hanya dapat diakses oleh si pemiliknya. Layanan yang juga membantu mahasiswa yakni dengan mengisi absen atau kehadiran secara online, begitu pula bagi para dosen. Mahasis tidak perlu lama mempelajari tehnologi ini. “Kami tidak mungkin menjerumuskan mahasiswa kami sendiri, tidak membutuhkan waktu lama kok, hanya mahasiswa yang lupa atau ketinggalan bawa handphone tidak bisa meminjam handphone temannya,” terang Margianti.

Hal senada diutarakan, Direktur Sales dan Marketing Mobile – 8 Juliana Dotulong. Menurutnya, sekalipun layanan ini dibuat untuk mempermudah mahasiswa, namun para mahasiswa tidak dapat menitip absen maupun mengisi absen dari rumah. “Mahasiswa tidak dapat absen dari rumah karena nanti akan ada cek dan ricek dari dosennya, jadi pertama – tama akan menemukan B-Life yakni layanan dari kami, kemudian akan bertemu UG 1 Click, langsung terkoneksi dengan server Gunadarma,” kata Juliana.

Juliana mengatakan, mahasiswa hanya perlu mengisi pulsa Rp10 ribu setiap dua minggu untuk memperpanjang masa aktifasi. Sebab, layanan UG 1 Click tersebut gratis bagi para mahasiswa dan dosen. “Cukup mengisi pulsa Rp10 ribu,” tuturnya.

0 komentar: