Minggu, 24 Oktober 2010

Warga Komplek Pelni Depok Menolak Pemasangan Gorong-gorong


DEPOK, Puluhan warga komplek Perumahan Pelni, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, menolak rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang membangun dranase atau pemasangan gorong-gorong yang melintasi komplek mereka. Mereka khawatir pemasangan gorong-gorong bukan malah menghindari komplek mereka dari banjir, justru mengakibaktak bajir datang. "Kami merasa keberatan dengan adanya pemasangan gorong-gorong di wilayah kami," kata Syafril Alam warga Komplek Pelni RT03/RW19, (24/10).

Syafril mengatakan, sebelum Pemkot Depok memasang gorong-gorong komplek Pelni tidak pernah kebanjiran. Namun, setelah Pemkot Depok melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Dinas BM & SDA) menjalankan program pemasangan gorong-gorong komplek Pelni selalu menjadi korban banjir jika hujan deras turun. Bahkan, air masuk ke dalam rumah. "Kami minta proyek yang melintas ke komplek kami di batalkan, proyek pembangunan gorong-gorong di luar komplek berdampak pada penghuni komplek apalagi yang di dalam," katanya.

Syafril mengaku proyek pembangunan drainase ini tidak pernah di sosialisasikan kepada warga komplek Pelni. "Warga komplek Pelni tidak pernah diajak komunikasi tentang adanya proyek ini. Kalau bisa jaringannya dipindahkan saja, jangan melalui komplek Pelni," tegasnya.

Sebelumnya, Hamdan tokoh masyarakat setempat mengatakan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok akan melakukan penyodetan di Jalan Juanda untuk menyalurkan air dari wilayah RT07/21 Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmjaya. Menurut dia, kawasan tersebut setiap hujan selalu banjir, karena terjadi penyempitan dibagian hilir saluran. Nantinya, kata Hamdan, dibawah jalan Juanda akan dipasang gorong-gorong yang mengalirkan air. Tidak ada jalan lain untuk mengatasi banjir di wilayah RT07/21. "Satu-satunya cara dengan melakukan penyodetan jalan Juanda dan pemasangan gorong-gorong berdiameter 1,5 meter," katanya.

Hamdan meminta warga komplek Pelni bersedia kompleknya di lintasi gorong-gorong. Hal itu untuk mencegah terjadi banjir. Justru ia meyakini dengan di pasang-nya gorong-gorong tidak akan terjadi banjir di komplek Pelni. "Saya berharap warga bersedia," katanya.

0 komentar: