Kamis, 01 Juli 2010

Kenaikkan TDL Berdampak Pada UMK

DEPOK, Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Depok Muhammad Fuad menegaskan, kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) mulai Kamis (1/7) memiliki dampak sangat luas pada industri terutama usaha kecil menengah (UKM) di Kota Depok. "Kita tidak dapat memungkiri bahwa kenaikan tarif TDL memiliki efek domino, terutama bagi usaha kecil," kata dia.
Muhammad Fuad memperkirakan kenaikan TDL dapat menyebabkan banyak UKM Depok mem-PHK kan para pegawainya. "Sekarang saja apa-apa sudah naik. Apalagi listrik merupakan ruhnya indusri. Ini pasti bisa berdampak besar pada UKM," kata dia.
Dengan naiknya TDL, Fuad berharap, pemerintah segera membuat peraturan yang meringankan UKM. Dalam artian pemerintah membuat regulasi yang menurunkan pajak, suku bunga bank hingga permudah perizinan. Kedepannya ia juga berharap pemerintah dapat membuat revolusi dalam penggunaan energi. Menurutnya Indonesia seharusnya bisa menggunakan arus laut untuk sumber energi alternatif. "Bila kita terus menerus mengandalkan PLN, dunia industri akan mengalami ketimpangan listrik," ujarnya.
Pernyataan senada juga diutarakan Sekretaris Asosisasi UKM Kota Depok, Rita Ariyanti. Rita mengatakan, beberapa anggotanya memiliki rencana akan melakukan PHK pada sebagian karyawannya untuk alasan efisiensi. Ia mengatakan, sebaiknya pemerintah berpikir ulang dalam menaikkan TDL. Dirinya berharap jangan sampai kenaikan TDL memiliki dampak luas. "Ini akan membuat harga produksi terpaksa naik dan harga jual kita jadi tinggi. Padahal daya beli masyarakat belum stabil," tandasnya.

0 komentar: