Rabu, 16 Juni 2010

UI Kerjasama dengan CIMB Niaga

DEPOK, Universitas Indonesia (UI) bekerjsama dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan pembayaran biaya kuliah. Kerjsama program tersebut dilakukan dengan penandatanganan perjanjian antara UI dengan PT Bank CIMB Niaga yang dilakukan oleh Rektor Universitas Indonesia, Gumilar R Somantri dengan Presiden Direktur CIMB Niaga, Arwin Rasyid di Gedung Rektorat UI, Depok. "Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi seluruh civitas akademika UI. Dengan sistem host to host realtime online melalui ATM dan Teller CIMB Niaga yang dapat melayani pembayaran biaya pendidikan UI melalui fasilitas ATM, SST dan Teller," kata Arwin usai acara penadatanganan, Rabu (16/6).
Arwin mengatakan, mahasiswa juga dapat memperoleh kepastian pembayaran. Pada saat bertransaksi, ujarnya, tertera di layar ATM, SST dan teller mengenai jumlah tagihan dan nama mahasiswa. “Mahasiswa hanya memasukkan nomor referensi mahasiswa. Selain dapat dinikmati oleh mahasiswa yang belum menjadi nasabah. "Caranya mudah, hanya dengan mendatangi teller CIMB Niaga yang tersebar di 675 kantor cabang CIMB Niaga di seluruh Indonesia, maka pembayaran biaya pendidikan dapat dituntaskan dengan mudah," tandas Arwin.
Dijelaskan Arwin, CIMB Niaga kini tercatat sebagai salah satu Bank yang dapat melayani pembayaran biaya pendidikan UI melalui fasilitas ATM, SST dan Teller. "Selain biaya SPP, segenap sivitas akademika UI juga dapat melakukan pembayaran biaya pendaftaran, wisuda, pembelian software, dan lain-lain," ucapnya.
Ditemui di tempat yang sama, Rektor UI, Gumilar R Somantri menyambut baik kerjasama tersebut. Dengan sistem yang diterapkan pihak CIMB Niaga diharap dapat mengurangi proses administrasi keuangan khususnya dalam mengidentifikasi dan rekonsiliasi pembayaran. Pengembangan layanan pembayarak tersebut merpukan kelanjutan dari kerjasama kedua belah pihak sejak 2006 lalu. "Sebelumnya, pembayaran biaya kuliah hanya dapat dilakukan melalui Self Service Terminal (ATM non tunai) CIMB Niaga. Pengembangan layanan ini merupakan salah satu wujud kepedulian CIMB Niaga kepada dunia pendidikan yang diwujudkan dengan menyediakan produk dan layanan perbankan yang sesuai kebutuhan dunia pendidikan," ujar Gumilar meyakinkan.
Dengan adanya laporan yang jelas, lanjutnya dapat diperoleh informasi pembayaran dengan cepat, tepat dan akurat dalam memonitor perkiraan arus penerimaan biaya pendidikan. Pada akhirnya, akan diperoleh pengelolaan keuangan yang lebih efektif dan efisien. Sebelum adanya kerjasama ini, papar Gumilar, kedua institusi juga telah bekerjasama dalam bentuk pembangunan Gedung Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) yang berlokasi di Kampus Depok. "Selain sebagai wujud komitmen untuk selalu memberikan nilai tambah kepada para stakehodersnya, kerjasama ini juga dalam rangka memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan di tanah air," kata dia.

0 komentar: