Senin, 31 Mei 2010

Pasar Di Depok Rentan Kebakaran

DEPOK, Enam pasar di Kota Depok dipastikan rentan kebakaran. Pasalnya, keenam pasar tesebut tidak memiliki sisytem proteksi, yakni hidrant, pompa air, pemadam api ringan, dan sumber air. "Kami telah melakukan survei ke seluruh pasar di Kota Depok. Hasilnya seluruh pasar di Kota Depok rentan kebakaran karena tidak memiliki alat pencegahan kebakaran," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok HM Munir, di Balaikota Depok, Senin (31/5).
Selain itu, terang Munir, seluruh pasar di Depok juga tidak memiliki Satuan Relawan Kebakaran Pasar. Oleh karena itu, ia berharap terjadi pembenahan pada manajemen tim pasar. "Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di pasar maka manajemen tim pasar perlu dilakukan. Salah satunya membentuk Satuan Relawan Kebakaran Pasar," terangnya.
Dikatakan Munir, hasil survei yang dilakukan pihaknya ke enam pasar yakni di antaranya adalah Pasar Depokjaya, Kemirimuka, Cisalakpasar, Pasar Agung, Pasar Musi, dan Pondok Pucung telah disampaikan ke Dinas UKM dan Pasar Kota Depok. Responnya cukup baik. Dinas tersebut mau memberikan fasilitas pencegahan kebakaran. "Kami siap memberikan simulasi kebakaran kepada para pedagang di pasar tradisional termasuk bagaimana langkah awal memadamkan api," kata dia.
Munir menambahkan kebakaran di pasar terjadi lantaran hubungan arus pendek. Karena itu ia mengimbau kepada pengelola pasar agar memperhatikan jaringan kabel listrik. Jika ada kabel yang terbuka segera diganti dengan yang baru. "Hal-hal teknis harus dapat diperhatikan dengan seksama," katanya.
Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Kemirimuka T DJ Sigalingging membenarkan bahwa Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok telah melakukan survei atas fasilitas pencegahan kebakaran.
"Betul Dinas Pemadam Kebakaran telah mensurvei dan kami telah diberitahu bahayanya pasar tanpa alat pencegahan kebakaran. Untuk tabung pemadam kebakaran kami punya sekitar 10 tabung," kata dia.
Sigalingging mengatakan, berdasarkan hasil survei tersebut maka pihaknya telah mengusulkan pemasangan hidrant di empat titik di Pasar Kemirimuka. Usulan tersebut telah disampaikan kepada Dinas UKM dan Pasar Kota Depok dan realisasinya pada tahun 2011.
Hal senada disampaikan Kepala UPTD Pasar Cisalak Ahmad Drajat. Ia menambahkan bahwa di Pasar Cisalak belum memiliki hidran. Meski begitu tabung pemadam kebakaran ada 10 tabung dan semuanya berfungsi dengan baik. "Saya sudah mengusulkan dibuat lima titik hidran di sini. Tapi hingga saat ini belum ada tindak lanjutnya," tandasnya.

0 komentar: