Jumat, 24 April 2009

Pemkot Depok Siap Tanggung Biaya Operasi Balita Berkelamin Ganda

DEPOK, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok siap menanggung biaya operasi Ferdian Permana, balita (3,5) yang terlahir berjenis kelamin ganda (hemaphrodit). "Pemerintah Kota akan membayar biaya operasi dan pengobatan Ferdian," kata Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail saat mengunjungi kediaman Ferdian di Kampung Leuwi Nanggung, RT02/RW03, Kelurahan Leuwi Nanggung, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (25/4).

Menurut Wali Kota, ia akan memerintahkan langsung Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok untuk membuat rujukan rumah sakit yang dapat melakukan pemeriksaan secara detail terhadap Ferdian. "Saya perintahkan Dinkes secepatnya membuat rujukan," katanya.
Sementara orangtua Ferdian, Rahmat Purnama (26) dan Siti Khodijah (23) mengaku senang Wali Kota peduli terhadap kesulitan yang dialami warganya. "Saya senang sekali," kata Siti menahan tangis.

Rahmat Permana mengaku, anaknya lahir di dukun. Dukun pun, kata dia, memberitahu kalau anaknya berjenis kelamin perempuan. Ia pun tengah menyiapkan beberapa nama perempuan untuk diberikan ke anaknya. Namun, kata dia, setelah enam bulan malah muncul batang kecil. "Kita langsung membawanya ke ke RSCM," katanya.

Saat di bawa ke RSCM, tutur Rahmat, saat itu Ferdian baru berusia dua tahun, ia dan istrinya mengambil leputusan membawa buah hatinya nya ke RSCM untuk kedua kalinya guna melakukan tes magnetic resonance imaging (MRI). Untuk melakukan tes, kata dia, menghabiskan baiaya Rp1,5 juta. "Kita tidak bisa menggunakan Akses untuk pemeriksaan MRI," kata dia.

Pria yang sehari-harinya bekerja sebagi buruh serabutan ini mengatakan. "Alhamdulillah kesulitan yang saya alami didengar orang dari Kelurahan yang kemudian melaporkannya ke Dinas Kesehatan," kata Rahmat.

Sementara fasilitator lingkungan Kecamatan Cimanggis, Santi mengatakan, terkuaknya kasus ini berawal dari perbincangan dirinya dengan beberapa warga. Ada salah seorang warga mengeluh kesulitan uang untuk operasi anaknya yang berkelamin ganda. Ia pun menjembatani pertemuan ini. "Rencana operasi bulan ini juga di RSCM dengan biaya Pemkot Depok atas usulan Pak Walikota," katanya.

Di tempat sama, Kepala Seksi Pengembangan Kesehatan, Dinas Kesehatan Depok, Nessi Anisa menceritakan bahwa setahun lalu Puskesmas Harjamukti pernah menangani Ferdian, dan seluruh biaya pengobatan Ferdian ditanggung pemkot. "Kita pernah menolang Ferdian sebelumnya," katanya.

Dia menambahkan, apalagi orang tua Ferdian telah membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ke Dinkes, seperti yang disarakan pemkot. "Sekarang kita tinggal menunggu, kepastian dari RSCipto Mangunkusumo," tandas Nessi.

0 komentar: