Rabu, 27 April 2011

Uforia PAN Jangan Diartikan Sebagai Perpecahan


DEPOK, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Depok, Tondo Wiyono menyambut baik uforia kader dan simpatisan partai berlambang matahari putih tersebut dalam menyambut Musyawarah Daerah (Musda) DPD PAN yang akan berlangsung pada Minggu (8/5). “Kami para pengurus menyambut baik uforia tersebut. Kami menghargai pujian dan masukkan yang diberikan kader dan simpatisan PAN. Semuanya itu untuk kemajuan partai,” katanya, Rabu (27/4).

Namun, Tondo meminta masyarakat tidak melihat perbedaan pandangan dan persepsi di lingkup PAN sebagai sebuah perpecahan. Akan tetapi sebuah kematangan dalam berpolitik. “Semua yang memberi masukkan adalah kader terbaik PAN,” katanya.

Tondo mengingatkan, Ketua Sistem Manajemen Partai Politik (Simpatik) TB Toto Sugiarto sudah dinonaktifkan dari jabatannya sejak April 2009. Hal itu dilakukan karena Toto memiliki permasalahan pribadi. “Kita tidak mau mengatakan Toto dipecat, karena dalam PAN tidak ada istilah dipecat. Tapi di non aktifkan,” katanya.

Menurutnya, Ketua DPD Hasbullah Rahmat dan Sekretaris DPD Heru melalui rapat harian telah menunjuk Irwan Nasution sebagai pejabat sementara, dengan didampingi Uci Sanusi sebagai pengurus harian. “Kita sudah sampaikan itu langsung kepada Toto. Namun, secara pribadi dia tetap anggota PAN,” kata Tondo.

Sementara itu, Plt Ketua Simpatik, Irwan Nasution mengakui bahwa dirinya sama sekali tidak mengetahui apakah keputusan rapat harian sudah disampaikan langsung oleh para pengurus DPD PAN kepada Toto. “Saya sama sekali tidak tahu. Tapi pergantian itu untuk memudahkan Toto mengurusi persoalannya,” kata dia.Dia meyakini, ketua dan sekretaris sudah menyampaikan keputusan tertulis pada Toto. “Saya yakin sudaha ada surat tertulis,” katanya.

Irwan mengatakan, siapa pun berhak mendukung dan mengusung calon yang didukung. Sebab, PAN merupakan partai reformis yang terlahir dari rahim deokrasi. “Toto boleh menyampaikan pendapatnya karena dia merupakan kader PAN,” katanya.

0 komentar: