Selasa, 28 September 2010

Enam Situ Depok Rawan Jebol

DEPOK, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mulai ketar-ketir menghadapi musim penghujan. Hasil kajian dan tinjauan langsung ke lapangan dipastikan sejumlah situ di Kota Belimbing ini dalam kondisi memprihatinkan alias kritis. Sedikitnya ada enam situ yang mendapat perhatian serius dari Pemkot Depok. "Kita agak sedikit khawatir dengan keberadaan enam situ. Kondisinya boleh dibilang memprihatinkan," kata Wali Kota Nur Mahmudi Ismail, Selasa (28/9).

Menurutnya, keenam situ tersebut akan semakin parah jika dalam jangka waktu panjang belum dilakukan perbaikan. Karena itu, kata Nur Mahmudi, pihaknya sudah mengajukan usulan anggaran kepada pemerintah pusat maupun Provinsi Jawa Barat. "Kalau bicara situ, ada enam yang tanggulnya rawan jebol secara long term. Dan keenam wilayah situ sudah dipadati pemukiman," kata Nur Mahmudi.

Sementara itu Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Yayan Arianto mengatakan, keenam situ yang rawan tersebut adalah Situ Bojongsari, Situ Pengarengan, Situ Gadog, Situ Cilangkap, Situ Rawa Kalong, Situ Sido Mukti. "Seluruhnya perlu dilakukan penurapan dan normalisasi. Harus segera dinormalisasi, karena itu kami harap setelah diajukan, akan diperbaiki tahun depan," kata Yayan.

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air saat ini, kata Yayan, tengah melakukan proses lelang untuk memperbaiki Situ Tipar dan Situ Pedongkelan. Situ tersebut merupakan perbatasan dengan ibukota Jakarta dan anggaran perbaikan pun berasal dari bantuan Pemprov DKI Jakarta senilai Rp3 miliar. "Kita upayakan keempat situ lainnya akan segera diperbaiki," ucapnya.

0 komentar: