Selasa, 06 Oktober 2009

Pemkot Depok Galang Dana, Dua Jam Dapat Rp100 Juta

DEPOK, Acara penggalangan dana untuk korban gempa di Sumatera Barat (Sumbar) yang diinisatifi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pada, Senin (5/10) malam, berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp100.500.000. Sejumlah undangan dari berbagai kalangan mulai dari birokrat, anggota legislatif, perbankan, pers, Ikatan Keluarga Minang (IKM) dan pengusaha rela menyisihkan sebagaian pendapatannya untuk para korban gempa.
Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail memberikan donasi Rp4 juta, Wakil Wali Kota Rp2 juta, Sekretaris daerah (sekda) Rp1,5 juta. Sementara Roby pemilik ITC Depok, menyumbang Rp25 juta, disusul pengusaha properti Samara Residence dan pengusaha properti Rp10 juta. Ronni Aidil Ketua Hipmi memberikan donasi Rp10 juta berikut USD 500.
Sementara dari kalangan perbankan, yang terdiri dari Bank BTN dan Bank Jabar Banten masing-masing menyumbang Rp1 juta, Bank Jabar Syari’ah Rp300 ribu, BRI Rp500 ribu. Namun demikian, donasi dari kalangan perbankan tersebut bersifat pribadi, untuk institusi masing-masing bank sudah melakukan penggalangan dana tersendiri. Dari kalangan anggota legislatif, didapatkan donasi sebesar Rp. 5,5 juta dengan rincian Rp3,5 juta dari Fraksi PAN dan Rp2 juta dari Fraksi Gerindra-Bangsa. Turut memberikan donasi pada malam itu, Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) sebesar Rp3 juta dan IGTKI PGRI Rp 500 ribu.
Wali Kota mengucapkan rasa syukur dan terima kasih serta akan segera menyalurkannya melalui Satlak Penanggulangan Bencana Kota Depok. "Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Depok, saya mengucapkan terima kasih atas donasi yang telah diberikan. Bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi para korban. Semoga Allah SWT membalas dengan kebaikan yang berlipat ganda," kata Nur Mahmudi Ismail
Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Depok, Eko Herwiyanto menambahkan, selain memberikan bantuan uang yang terhimpun di malam tersebut, sebelumnya Pemkot juga menggalang dana yang dihimpun dari seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Depok. "Penggalangan dana dimulai dari wali kota, wakil wali kota, sekda, Eselon II, III, IV hingga staf disepakati untuk memberikan sumbangsihnya. Saat ini diperkirakan dana yang terkumpul sudah mencapai Rp114 juta," ujarnya.
Lebih lanjut dikatakan, untuk menunjang operasional selama di lokasi bencana, Pemkot juga mengirimkan dua unit ambulans, satu unit mobil operasional, tenda, obat-obatan serta makanan. Seluruh relawan, tambah Eko, akan ditempatkan di Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman selama lebih kurang sepekan. "Info dari pemerintahan disana, wilayah Kecamatan Pariaman Selatan belum tersentuh bantuan," ujar Eko.
Eko juga mengundang partisipasi warga Depok untuk memberikan donasinya melalui rekening Bank Jabar. Bantuan tersebut, lanjutnya, dapat disalurkan melalui rekening Bank Jabar Banten dengan nomor 000 831 051 3100 atas nama Satlak PBP Kota Depok.

0 komentar: