Senin, 27 April 2009

Wali Kota Depok Kecam Orangtua Korban Pemasungan


DEPOK, Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail datangi kediaman dua lelaki bersaudara Asmadi(26) dan Ahmad (21) yang dipasung oleh kedua orangtuanya di kebun samping rumahnya di Jalan Masjid Al Mukhlisin, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, lantaran mengalami ganguan jiwa. "Tindakan kedua orangtua mereka sama sekali tak manusiawi," kata Wali Kota sambil menggeleng-gelengkan kepala, Senin (27/4).

Menurut keterangan warga, sebelum dirantai dengan besi Asmadi dan Ahmad kerap kali mengamuk. Keduanya sangat meresahkan warga. "Saya kira sudah saatnya, kedua lelaki tersebut di bawa ke Rumah Sakit Jiwa," kata Mega, tetangga Asmadi dan Ahmad.

Kedatangan Wali Kota ke rumah Asmadi dan Ahmad untuk melakukan negosiasi dengan orangtua keduanya yakni Yahya dan Asmanah. "Saya berikan surat rujukan untuk dirawat di Rumah Sakit Jiwa Grogol Jakarta Barat. Bagaimana!," tanyanya kepada Yahya. Keduanya akhirnya menyetujui saran Wali Kota untuk membawa anaknya ke RS Jiwa Grogol. "Kami ikut saran Wali Kota," kata Yahya berkaca-kaca.

Menurut keterangan Yahya, anaknya Asmadi mengalami sakit jiwa sewaktu sepeda tunggangannya ditabrak mobil. Peristiwa itu terjadi pada thun 2006. Sedangkan Ahmad menderita gangguan jiwa karena putus cinta (2008). "Keduanya saya pasung karena sering mengamuk dan melukai orang sekitar," ujar dia.

Wali Kota mengecam cara pemasungan yang dilakukan masyarakat."Harusnya kalau orang sakit ya diobati, bukan dipasung dengan cara seperti itu. Kalau orang tua setuju, kami akan koordinasi dengan pihakrumah sakit, apakah memang harus ditampung di RSJ Marzuki Mahdi atau ada rujukan rumah sakit lain," ujar dia.

Sementara itu Kasi Pengembangan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok, Nessy Anisa, menyatakan pihaknya mengurusi administrasi pengajuan surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang diupayakan dimasukkan dalam kuota Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) melalui usulan ke Bappeda dan BPS. "Sementara ini kondisinya dirawat psikiater RSUD Depok dr Diana Papayungan, dan segera dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grogol, Jakarta Barat," tandasnya.

0 komentar: