Rabu, 12 Januari 2011

Gunadarma Masuk Peringkat Sepuluh World Universities Web Ranking


DEPOK, Kampus Universitas Gunadarma sebagai salah satu kampus swasta di Indonesia masuk lima besar sistem pemeringkatan perguruan tinggi di dunia internet. Kendatipun berdasarkan popularitas di internet, namun metode pemeringkatan berkaitan dengan kiprah akademik pergurun tinggi tersebut ke publik. “Saat ini hanya ada 151 perguruan tinggi Indonesia yang masuk peringkat web renking. Gunadarma masuk kedalam lima besar,” kata Rektor Universitas Gunadarma, Prof Dr E S Margianti SE MM, Rabu (12/1).

Margianti mengatakan, banyak kampus-kampus yang sudah cukup mapan dan terkenal—baik civitas akademikanya maupun kampus sebagai institusi—berebut masuk kedalam web. System perankingan web perguruan tinggi versi Webometrics (http://www.webometrics.info) sudah cukup populer, dan hasilnya sudah sangat ditunggu-tunggu perbagai lembaga perguruan tinggi. “Lembaga ini melakukan peringkatan terhadap 10200 perguruan tinggi di 200 negara,” terangnya.

Ia mengatakan, tingkat popularitas diukur berdasarkan tiga parameter, yaitu: google pagerank, inbound link yahoo, dan web traffic berdasarkan Alexa. Dia menambahkan, jadi bisa dikatakan ranking ini digambarkan popularitas situs perguruan tinggi di dunia internet. “Popularitas ini sangat ditentukan oleh tingkat kekayaan produk akademik dan kontribusinya,” kata Margianti.

Margianti menuturkan, posisi lima besar tidak berubah dari tahun 2010 lalu sampai sekarang ini, yakni: Institut Tehnologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Tehnologi Surabaya (ITS), dan Universitas Gunadarma. “Semoga Universitas Gunadarma selalu bisa bertahan diposisi lima,” katanya.

0 komentar: